Monday, November 26, 2012

Aku Nggak Mau Makan!

Agar anak mau makan
Anak susah makan

Hari ini bunda maya mengeluhkan anaknya yang doyan sekali makan, hiih kok bisa bisa sih! kataku tanpa sadar. lalu aku ceritakan bagaimana ponakan-ponakanku juga anak dari sahabat kerjaku selalu mengeluhkan anaknya yang sangat sulit makan. Rata-rata mereka sangat tidak antusias sekali jika diingatkan untuk makan. Kalaupun mereka mau ada-ada saja permintaannya, walaupun makanan yang diinginkan sudah diberikan ternyata tetap saja hanya 3 sendok maksimal 5 sendok. Dalam bahasa jawa sih suka di bilang ming golek-golek ..hehe..ya maksudnya mereka ingin meledek orangtuanya mau makan padahal yah cuma mau bikin sang bunda seneng sebentar..

Kalau saja makanan sudah disajikan dengan menarik menu bervariasi tapi tetap mambuat si kecil tidak mau melirik lantas apalagi?
Kalau menurut bunda maya, beliau selalu mengingatkan terus untuk makan pada saat jam makan terus bolak-balik harus cerewet sampai sianak mau makan. Jadi kesimpulannya ibunya harus cerewet..Ups sorry bun..
Mari kita share sebenarnya kenapa sih banyak anak-anak susah makan? 
Gangguan susah makan disebabkan oleh banyak faktor: Gangguan fungsi pencernaan, organ mulut tidak berfungsi dengan baik, sakit. Selain gangguan yang bersifat fisik tersebut, ada juga yang bersifat psikologis. Artinya anak tidak bermasalah dengan pencernaan tapi ada gangguan dengan psikis sehingga mereka sulit makan. Penyebab trauma pada makanan, bosan, makanan yang tidak variatif, perhatian yang kurang, konsumsi susu yang berlebihan dan sebagainya.

Bila anak sudah mengalami gangguan susah makan, cari apa penyebabnya lantas ditangani sesuai penyebabnya. Kalau didiamkan berlarut dampaknya bisa fatal. Selera makan akan berkurang dan menyebabkan kurangnya kebutuhan tubuh. Karena pada usia ini mereka sedang tumbuh berkembang, akibatnya tubuh akan kekurangan kalori dan protein dan akhirnya anak akan mudah sakit.

Hal yang harus diperhatikan:
  • Penampilan Makanan
Orangtua perlu usaha kreatif untuk membuat penampilan makanan semenarik mungkin. Penampilan yang menarik akan membangkitkan selera makan anak.
  • Variasi Makanan
Walaupun makannya lezat anak akan mudah cepat bosan jika sering disajikan. Menyentuhnya saja anak-anak malas. Oleh karena itu rajinlah membuat variasi menu untuk buah hati.
  • Nilai Gizi
Selain penampilan yang menarik, menu yang bervariasi satu hal yang tidak boleh diabaikan bunda adalah kandungan gizi. Makanan yang disajikan harus sehat, lengkap dan seimbang. proporsi imbang untuk anakanak adalah: 55% karbohidrat; 20-30% lemak; sisanya protein sebanyak 20%, sedang vitamin dan mineral prosentasinya kecil sehingga tidak dicantumkan.

Agar Anak Senang Makan
  1. Jadikan Mereka berharga dan diakui. Anak -anak belum memiliki jadual jam makan seperti orang dewasa, Ajaklah makan bersama teman sebaya dan pada saat teman sebayanya juga makan. Sesekali ajak anak makan dimeja makan bersama keluarga tercinta, lalu jalin komunikasi apakah mereka suka dengan makanan yang disajikan.
  2. Libatkan Anak. Libatkan anak dalam menyiapkan makanan dirumah, misal membuat makanan kesukaannya. Dan beri penghargaan dengan mengumunkan pada anggota keluarga seperti "ini kue buatan adik loh" anakpun akan senang karena dilibatkan dan dihargai hasil karyanya.
  3. Makan adalah kebutuhan. Memberi pengertian bahwa makan sangat dibutuhkan agar dia bisa tumbuh dan memiliki energi ketika beraktifitas.
  4. Suasana Menyenangkan. Ajaklah anak pada satu bentuk kegiatan makan yang sangat menyenangkan. Pergi ke kebun binatang adalah hal yang paling menyenangkan. Contohkan memberi makan pada hewan disana, jelaskan kenapa hewan tersebut butuh makan. Hal ini akan terekam dan sangat menyenangkan si kecil. 
  5. Cita Rasa. Banyak orangtua yang tidak memperhatikan cita rasa makanan untuk anaknya. Buatlah bumbu yang sederhana, jangan agar anak suka makanan yang diolah diberi banyak bumbu perasa. Tujuannya agar makannan tidak tercemar, karean walaupun anak suka jika berlebihan ini tidak baik untuk kesehatannya.

Semoga tips ini bisa bermanfaat, kebutuhan makan sehat lengkap seimbang terpenuhi. Dan anak mau makan dengan menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment